Posted by : Aplikasi Why_93 Wednesday, January 4, 2012


Assalammualaikum Wr.Wb. para sobat blogger......
Untuk kali ini saya akan memberikan info tentang sebuah photo editor. Postingan ini saya persembahkan buat teman saya ( karena, dia sudah ngebet banget pengen minta di postingin photo editor, hahahahahha.....)

Langsung saja, nama software tersebut adalah IrvanView. Irfanview adalah program aplikasi yang dibuat oleh seseorang bernama Irfan Skiljan, untuk mengedit image. Kelebihan dari Irfanview adalah ringan programnya. Bayangin…. cuma 1,3 MB.
Program lainnya ada yg sampai 400 MB.
Berat ringannya program, sangat menentukan kecepatan meloading/menjalankan program tersebut.


Kelebihan lainnya adalah sederhana (mudah digunakan) dan….gratis ^-^ (khusus penggunaan non komersil)  Maka dari itu software ini benar-benar menjadi image/photo editor favorit bagi banyak orang.
Dari beberapa software, Irfanview menempati urutan pertama sebagai Image Editing Software yang paling banyak didownload.

Dengan program Irfanview ini, kita bisa membuka dan mengedit image dengan berbagai macam format (JPG, GIF, BMP, PNG, dll).
Dan yang lebih enak, dia punya sistem konversi batch. Maksudnya, jika kita melakukan edit terhadap satu gambar dengan banyak langkah, maka jika dilain waktu kita ingin mengedit dengan langkah yang sama pada puluhan gambar, kita tidak perlu mengulang dari awal . Karena dengan batch, Irfanview akan merekam proses edit yang pernah kita lakukan.

Contohnya, waktu itu saya mau merubah ukuran foto yang jumlahnya banyak. Nah, saya ngga perlu ngerubahin satu-satu. Tapi cukup masuk ke batch conversion, saya pilih sejumlah foto yang mau dirubah ukurannya, saya masukkan ukuran yg saya inginkan…dan…..hup… dalam waktu yang singkat banget –beberapa kali tarikan nafas hehe –, foto-foto saya berubah ukuran.

Selain itu kita juga bisa memasukkan video atau suara (dgn format MP3, AVI, audio CD, WMA), dengan menginstal plugin tertentu.–yang ini belum saya pelajari :D –

Kekurangan Irfanview, dia cuma bisa dijalankan di OS Windows saja.
Jadi untuk pengguna Mac dan Linux, sementara ini harus sabar ya.
Terus ada lagi yang disayangkan, tool/alat-alat untuk menggambarnya tidak terlalu komplit.
Seperti ketika saya mau merubah warna background foto, saya kesulitan karena tidak ada tool Magic Wand.(tool ini dipake untuk menseleksi areal yang warnanya berbeda dengan obyek lainnya)

Dan yang terakhir terima kasih buat Abang Irfan untuk menggratiskan software ini.

Bagi yang berminat tinggal klik link di bawah ini untuk download.....

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Blogger templates

Followers

Total Pageviews

- Copyright © Aplikasi Waghe -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -